AGENDA

Jumat, 30 September 2011

Pelatihan Sistem Administrasi dan Kearsipan

Pada tanggal 23 s.d 24 September 2011, bertempat di Wisma Helena Kompleks SMK Kartini Sintang Puskopdit Kapuas kembali menggelar Training bidang Administrasi dan Kearsipan, dengan Tema Pelatihan "Meningkatkan Pemahaman Dalam Menata Sistem Administrasi dan Kearsipan Kantor di Credit Union" . Pelatihan kali ini di fasilitisasi oleh Drs. Tjihno Windryanto ( Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat STIA "AAN" dan Dosen STIA "AAN" Yogyakarta) dan diikuti sebanyak 34 Peserta dari 7 Credit Union Primer ( CU BIMA, CU SAGU ENTIBAB, CU KESEJAHTERAAN SOSIAL, CU BERKAT USAHA, CU MANDAWAI, CU SUMBER BERKAT DAN CU IRING MANDIRI-Pra Anggota)di bawah naungan Puskopdit Kapuas Sintang Plus 1 orang Guru dari SMK Budi Luhur Sintang yang berminat menambah pengetahuannya tentang Sistem Administrasi dan Kearsipan Kantor.

Tujuan khusus Pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman tentang bagaimana mengelola dan menata Administrasi serta kearsipan di CU, yang mana Administrasi dan Kearsipan merupakan hal penting dalam perjalanan sebuah entitas/organisasi. Tata kelola Administrasi erat kaitannya dengan prinsip kepatuhan (compliance) dibidang administrasi organisasi karena sebagian besar material auditan adalah bidang administrasi organisasi yang tentu saja tidak lepas dari perhatian ketika dilakukan proses auditing.

 Selama dua hari pelatihan, peserta di cercahi dan dibekali dengan beberapa materi tentang Administrasi dan Kearsipan, diantaranya ; Fungsi Manajemen Administrasi, Penyediaan Inventarisasi dan Pertanggungjawaban Logistik, Administrasi Personalia Kantor, Motivasi dan Pengembangan Pribadi, Manajemen Kearsipan, Pemberkasan Arsip serta Proses Aktif Peminjaman Arsip dan Penyusutan Arsip.

Pada sesi penutupan, Drs. Tjihno Windryanto, M.Si menyampaikan pesan dan kesannya bahwa "selama memfasilitasi pelatihan peserta sangat aktif dalam mengikuti dan tak jarang aktif menanyakan hal-hal yang prinsip menyangkut administrasi dan kearsipan, dan juga saya berharap apa yang anda-anda dapatkan dari pelatihan ini sungguh-sungguh bermanfaat bagi upaya penataan sistem administrasi dan kearsipan di kantor anda masing-masing" tambahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar