AGENDA

Rabu, 07 September 2011

TRAINING CREDIT UNION CEO'S COMPETENCY COURSE PUSKOPDIT KAPUAS

Lagi, Puskopdit Kapuas Sintang menggelar Training Kursus Kompetensi CEO dan Calon CEO Credit Union pada tanggal 24 s.d 27 Agustus 2011, bertempat Di Wisma Helena-Sintang. Training yang difasilitasi oleh F.X. Ari Setiawan dan Edy Subagio (Inkopdit) ini berlangsung cukup alot, dengan jumlah peserta training sebanyak 45 orang  yang terdiri dari utusan CU Bima, CU Sagu Entibab, CU Berkat Usaha, CU Mandiri Serawai, CU Kesejahteraan Sosial dan CU Sumber Berkat.
Secara umum Training CUCCC ini bertujuan untuk meningkatkan fungsi dan tanggung jawab manajerial para CEO dalam mengelola Credit Union/Koperasi Kredit sehingga mampu menjaga keberlangsungan dan eksistensi Credit Union, tantangan dan kompetisi di era modern tidak lah ringan, ditengah maraknya lembaga keuangan dan penyedia jasa Financing yang siap memperebutkan pasar keuangan. Bukan hal itu saja tentunya, Tanggungjawab sosial Credit Union dalam membawa anggota dan masyarakat menuju kemandirian ekonomi bukanlah janji semata.

Tentu saja peran CEO di Credit Union sangat besar, karena keberhasilan Credit Union-nya merupakan kewajiban, dan kegagalan Credit Union pula harus dipertanggungjawabkan, karena CEO merupakan bagian dari pemangku kepentingan di Credit Union. Manajerial yang Kreatif adalah tuntutan yang mesti diemban oleh CEO, Kreatif dalam melihat dan memanfaatkan peluang, Kreatif dalam mengelola SDM di Credit Union, Kreatif dalam meminimalisir Resiko di Credit Union. serta kreatif dalam mengembangkan Produk-Produk yang menjadi kebutuhan dan subtitusi (pengganti) dari produk yang telah usang atau tidak sesuai lagi dengan kondisi dan kebutuhan anggota maupun masyarakat.

Dalam sesi-sesi Training CUCCC ini pun, para CEO dan Calon CEO di bekali berbagai materi, seperti; Peran dan Tanggungjawab CEO di Credit Union, Melihat Credit Union di Pasar Keuangan, Peran Credit Union sebagai penasehat keuangan Anggota dan masyarakat, Manajemen Resiko, Manajemen Keuangan, Customer Relationship Managemen (CRM). Selain materi-materi yang telah disuguhkan, peserta juga diajak untuk diskusi dan sharing kelompok yang tentu saja menambah semaraknya training kali ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar